Malware Menyebar Di Wikipedia ?

Jakarta – Sebuah link berisi malware (program jahat) beredar di situs ensiklopedi Wikipedia. Link tersebut diketahui hasil kreasi para dedemit jahat dunia maya.

Menurut perusahaan keamanan Sophos, hacker mengeksploitasi Wikipedia untuk menyebarkan malware. Link tersebut disebar lewat sebuah artikel yang dimuat di Wikipedia edisi Jerman, berisi informasi palsu tentang versi baru worm Blaster.

Seperti dilansir vnunet dan dikutip detikINET Minggu, (5/11/2006), link diklaim berisi solusi bagaimana cara membasmi virus tersebut. Nyatanya, link berisi kode jahat yang didisain untuk menginfeksi PC (komputer) pengunjung.

Selain membuat artikel hacker juga mengirimkan pesan e-mail spam berisi link jahat ke pengguna komputer Jerman, yang mengklaim datang dari Wikipedia. E-mail tersebut bahkan bisa lolos dari antispam karena terhubung ke situs resmi Wikipedia.

“Untungnya pihak berwewenang Wikipedia dengan cepat mengidentifikasi dan meng-edit artikel tersebut. Namun sayangnya, artikel lama masih belum dihapus sehingga hacker kemungkinan bisa melanjutkan aksinya untuk mengirimkan spam dan menginfeksi komputer user lain,” jelas Graham Cluley, senior konsultan teknologi Sophos.

Saat ini, Wikipedia menegaskan pihaknya sudah menghapus semua halaman artikel tersebut.

Wikipedia memungkinkan siapa saja membuat atau mengedit konten karena situs ini dibangun dari kontribusi pengguna. “Dalam kasus ini, artikel tersebut tidak hanya menyesatkan tapi juga jahat,” tutur Cluley.

Cluley mengimbau agar konsumen selalu waspada dan memastikan komputer pengguna dilengkapi sistem proteksi. Selain itu, tambah Cluley, konsumen sebaiknya aware bahwa ini merupakan ancaman baru Internet. Tidak menutup kemungkinan Wikipedia edisi lain termasuk Indonesia juga didera. (dwn) ( dewidya / dewidya )

Sumber:Detikinet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s