Kapersky 6.0 Dan AVG 7.5 Gagal Tes Antivirus

Berhati-hatilah anda para pengguna komputer yang memakai AVG dan Kapersky Sebagai antivirusnya, karena antivirus yang disebut-sebut terbaik ternyata gagal dalam suatu tes antivirus.(kecuali untuk kapersky, karena versi 7.0-nya mendapat penghargaan Vb100. jika anda yang memiliki kapersky versi 6.0, anda dapat mengupgrade antivirus anda ke versi 7.0 dengan gratis). berikut berita yang saya kutip dari detikinet :

Jakarta – Banyaknya virus yang berkeliaran membuat pengguna komputer jengah. Apalagi sistem antivirus tidak seratus persen mampu melindungi komputer.

Terbukti perusahaan antivirus besar seperti Kaspersky, F-Secure dan Grisoft yang membuat AVG, gagal mendapatkan sertifikat antivirus dalam tes Virus Bulletin 100 (VB100) yang ketat. Bagaimana tidak, subyek dalam aplikasi tes ini disusun dari program-program jahat yang dalam sejarahnya sangat aktif mengancam komputer.

Perusahaan antivirus tersebut hanyalah tiga diantara sepuluh aplikasi antivirus yang gagal mencapai standar tes susunan Virus Bulletin pada bulan Juni 2007. Seperti dikutip detikINET dari ITnews.com.au, Selasa (12/6/2007), sebanyak 37 produk software mendaftarkan diri untuk mengikuti tes itu.

Menurut virusbtn.com, Virus Bulletin 100 terkenal akan standarnya yang sangat ketat. Situsnya sendiri menginformasikan bahwa Virus Bulletin didirikan pada tahun 1989 sebagai sebuah majalah yang membahas tentang virus. Tujuannya agar para pengguna komputer mengetahui tentang virus komputer, pencegahannya, cara mendeteksi, cara mengatasinya dan juga bagaimana memulihkan data yang terinfeksi sesudah serangan virus terjadi.

Syarat kelulusan tes mengharuskan software antivirus mendeteksi seluruh program jahat yang beredar secara liar. Program antivirus juga dianggap gagal jika menganggap program yang aman sebagai program yang jahat, sebuah fenomena yang sering disebut sebagai “kesalahan positif”.

Gagal Tes

AVG adalah aplikasi keamanan yang populer dalam pasaran karena pembuatnya, Grisoft, menawarkan versi aplikasi dasar yang gratis. Software ini mempunyai reputasi bagus karena dianggap mampu mendeteksi program jahat dengan baik. Namun, versi AVG yang diikutkan dalam tes itu ternyata gagal mendeteksi virus W32/Rbot. Sementara reputasi baik Kaspersky juga ternoda karena tidak mampu mendeteksi virus W32/Allaple. Pun antivirus buatan F-Secure mengalami kegagalan yang sama.

Namun konsumen bisa berlega hati. Peneliti Virus Bulletin menggarisbawahi bahwa baik Kaspersky maupun AVG akan memperbaiki masalah itu dalam updates terbarunya. Apalagi sebenarnya, ketiga sistem antivirus itu telah lolos tes pada bulan Februari lalu untuk Windows Vista dan pada Juni 2006 untuk Windows XP.

Test VB100 yang sama meluluskan perangkat keamanan Microsoft’s One Care sebagai aplikasi yang mumpuni. Namun, meskipun mampu meraih sertifikat pada Juni 2006, software ini gagal pada saat tes bulan Februari di Windows Vista.

Produk yang gagal dalam tes bulan Juni 2007 VB100 ini adalah:

— Agnitum Outpost Security Suite Pro 2007 5.1214.616
— Ahnlab V3 Internet Security 2007 7.40.1
— Doctor Web Dr.Web 4.33.3.04230
— F-Secure Protection Service for Consumers 7.00
— Grisoft AVG 7.5 Professional Edition
— Ikarus Virus Utilities 1.0.52
— Iolo AntiVirus 1.1.9
— Kaspersky Anti-Virus 6.0.2.621
— NWI VirusChaser 5.0a
— Proland Protector Plus 2007

Iklan

26 pemikiran pada “Kapersky 6.0 Dan AVG 7.5 Gagal Tes Antivirus

  1. Judulnya rada misleading nih.. Kaspersky yang gagal uji itu yg versi 6, sedangkan yang ver 7 malahan mendapat VB100 Award. Silahkan baca di webnya virusbtn edisi Agustus 2007 atau di kaspersky.

    kalau kita beli ver 6 yang asli, maka kita bisa upgrade free ke ver 7 (spt saya) 😀 Jadi Kaspersky tetap ok!

    Putu@ :
    he…he…he…maap mas, sudah saya ganti beberapa kalimat dalam artikel dan saya sudah perbaiki.
    semoga lebih baik dari sebelumnya

  2. deeuh wahyudi bikin gigiku kering saja
    saya sih pake kapersky tapi tau tuh yang 6 or 7 soalnya tau make saja hihihi….
    where can i get vb100 ya…langganan bisa tidak ya
    mahal tidak ya…

  3. klo boleh nanya mas putu, saya punya masalah dengan komputer saya.karena ada virus bergambar kupu2, yang kalo di delete, dia malah bertambah banyak jumlahnya sesuai dengan jumlah kita mendelete.nama virus kupu2nya berganti dari twunk 32, twunk 16, winlogo, explorer, dll. Virus ini uda beredar pula di antara teman2 satu angkatan dan sumbernya dari siapa, gak ada yang tahu, yang pasti karena dari perpindahan antara flashdish kami semua seangkatan saat pindahin data. Uda kebingungan kami semua gara-gara virus ini. Pake kapersky dan AVG 7.5 pun gak mempan mendeteksinya. Makanya, semua dari kami sudah kewalahan dibuatnya. Tolong dibantu yah mas, gimana cara ngebunuh virus ini tanpa merusak data-data di komp. Thanx sebelumnya yah.

  4. ada cara manjur buat ngebunuh virus…..yaitu dengan WIN XP…masukan cd, restart, masuk cmos, set firts boot ke cdrom, save and exit, tekan enter saat baru masuk booting…tunggu sekejap…tekan enter,esc,f8, enter, format…beres….hahahahaha

  5. Pake ANSAV dong antivirus lokal, namun kualitas internasional, free, enteng, portabel alias ga perlu diinstall di komputer, bisa dijalanin lewat flashdisk dan tidak bentrok dengan antivirus yg sudah ada. Dapat pula merecovery file kita yg sudah dihide oleh virus, penasaran???? coba aja download gratis men…. ( http://www.ansav.com )

  6. wah saya kena virus ieena, rusak deh sebagian besar data. kalo saya klik sesuatu, menjadi ieena, lama banget perbaikinya pake kaspersky

  7. makanya pake double os kalau windows kena, tinggal buka linux and delete file yang kena virus, aman! kalau pengen lebih aman pindah aza ke mac.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s