Militer Cina Dituduh Susupi Pentagon

BEIJING, SELASA – Sayap militer China dituduh sebagai dalang serangan hacker yang menyebabkan sistem komputer Pentagon lumpuh Juni 2007 lalu.

Laporan yang dilansir Financial Times hari ini menyebutkan militer China sukses membajak jaringan komputer Pentagon yang ditakutkan dapat mengganggu sistem di departemen pertahanan AS. Suratkabar yang berbasis di London, Inggris, itu mengutip pernyataan seorang mantan pejabat AS yang enggan disebut namanya.

“PLA (Tentara Pembebasan Rakyat China) telah menunjukkna kemampuannya melakukan serangan yang mematikan sistem kami,” ujar sumber tersebut. Pihak Pentagon menolak memberikan pernyataan secara resmi perihal laporan dalang di balik serangan yang sempat mematikan sistem komputer di kantor Menteri Pertahanan Keamanan AS Robert Gates.

Namun, salah seorang pejabat senior AS membenarkan bahwa Pentagon telah mengetahui sumber serangan tersebut. Dilaporkan juga bahwa bukti-bukti kuat dengan tingkat kepercayaan yang tinggi mengarah kepaad PLA sebagai pelakunya.

Jurubicara menteri pertahanan China menolak mengomentari laporan tersebut. AFP juga melaporkan bahwa Menteri Luar Negrei China juga enggan merespon dan menganggap laporan tersebut terlalu lemah.

Serangan dari China ke Jerman sempat juga dilaporkan terjadi minggu lalu bersamaan  saat Kanselir Jerman Angela Merkel bertemu Perdana menteri China Wen Jiabao di China. Penyerang dilaporkan menggunakan program trojan untuk menyusup ke jaringan komputer di kantor Merkel, menteri luar negeri, dan instansi lainnya di Berlin. Namun, pemerintah China saat itu menolak pihkanya bertanggung jawab.

sedangkan pada serangan yang terjadi di Pentagon, Hacker sampai melumpuhkan sistem yang sudah sampai taraf merusak.

Sumber    : Kompas.Com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s