Age Of Pirates

Surga Para Pelaut dan Pembajak
Karibia menjadi ikon utama petualangan laut di abad ke-17. Ini tak lepas dari banyaknya pelaut dan pembajak di wilayah ini. Andakah salah satunya?

 

Image

 

Pernahkah Anda membayangkan diri Anda hidup di abad 17 sebagai seorang bajak laut ataupun pemburu bajak laut di kepulauan Karibia? Dalam imajinasi Anda akan selalu dihadapkan dengan petualang­an menegangkan, entah itu membajak kapal lain, menembakan meriam, merampas muatan kapal lain, berduel pedang atau pistol dengan kapten lain, wanita can­tik dan mencari harta karun. Bila ingin merasakan semua itu maka game ini sangat cocok karena akan menempatkan Anda di dalam dunia bajak laut, dan semua romantika kehidupan laut. Bahkan kapten Jack Sparrow pun akan iri melihat Anda menjadi penguasa kepulauan karibia.

Kehidupan Bajak Laut
Game ini dimulai dengan memilih antara karakter pria, Blaze dan wanita sebagai Beatrice. Selain perbedaan gender, tidak ada perbedaan yang nyata dalam skill maupun hal lainnya. Dan diceritakan bahwa dua karakter ini bersaudara dan masing-masing memiliki separuh map dari harta karun yang ditinggalkan oleh ayah mereka. Baik Blaze maupun Beatrice mempunyai level dan skill yang bisa ditingkatkan seiring dengan berjalannya game. De­ngan meningkatkan skill tertentu, Anda akan dapat menjalankan pekerjaan tertentu dengan lebih baik. Skill-skill yang tersedia terdiri dari tactics, fencing, pistols, trade, boarding dan lain sebagainya. Skill-skill tersebut menyebabkan nuansa RPG cukup terasa dalam game ini.

 

Image

David vs Goliath : Kapal besar selalu memiliki keunggulan dalam jumlah meriam dan muatan. Namun, kapal kecil lebih cepat. Selanjutnya, yang menentukan hasil adalah sang kapten.

Apapun karakter yang Anda pilih, pertama kali masuk ke dalam game Anda akan memiliki sebuah kapal kecil yang hanya mempunyai 36 meriam dan berada di suatu pelabuhan yang random (acak) setiap kali Anda memulai permainan. Di pelabuhan ini Anda akan bertemu dengan NPC yang memberikan pengetahuan dasar-dasar permainan, seperti berdagang, membuat kapal, menyerang kapal lain, merekrut anak buah, dan lain-lain. Selain itu NPC-NPC ini juga dapat memberikan beberapa quest, seperti mengantar barang, mengantar orang, mencari harta dan lain-lain. Beberapa dari quest ini selain memberikan pengalaman dan uang, dapat juga mempengaruhi plot cerita.

Di dalam pelabuhan-pelabuhan yang tersebar di kepulauan Karibia tersebut, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat, seperti bar, pasar, galangan kapal sampai dengan kediaman gubernur. Tempat-tempat itu mempunyai fungsinya masing-masing. Misalnya bar merupakan tempat untuk merekrut anak buah serta mendengarkan desas-desus yang ada, sedangkan galangan kapal tempat untuk memperbaiki kapal dan membeli kapal baru yang lebih tangguh untuk Armada Anda.

Tentu saja aspek yang cukup menonjol dalam game bertemakan bajak laut adalah pertempuran laut. Setiap kali Anda mengarungi lautan, bahaya pun mengancam, entah itu dihalau kapal perompak lain, negara lain atau badai di tengah lautan.

Dalam pertempuran, Anda bisa me­ngendalikan kapal Anda dengan tombol WASD dan menembakan meriam ke arah musuh Anda bila mereka memasuki jarak tembak.

 

Image

Grafisnya Memukau : Dibandingkan game-game petualangan laut terdahulu, game ini memiliki tampilan grafis terbaik.

Meriam-meriam ini bisa diisi dengan beberapa jenis amunisi seperti grapeshot untuk menghabisi awak kapal dan dan cannonball untuk merusak lambung kapal secara keseluruhan. Tentu jalan terbaik bila Anda melihat kapal lain yang ingin Anda miliki adalah dengan tidak menenggelamkannya, melainkan cukup membajak kapalnya dan kalahkan kapten kapal tersebut.

Selain membajak kapal lain, Anda juga dapat menguasai pelabuhan-pelabuhan yang tersebar di Karibia untuk menambah kekayaan dan daerah jajahan. Hal ini harus dilakukan karena berhubungan de­ngan plot cerita untuk dapat menyelesaikan game ini.

 

Image

Duel Pedang : Cara cepat tanpa merusak kapal. Bajak kapal lawan dan langsung kalahkan kaptennya.

Grafisnya cukup memukau
Akella, developer game ini, telah menghadirkan beberapa game bertema laut seperti Sea dogs, Age of sail dan Pirates of the Carribean. Tetapi secara grafis, game ini lebih baik daripada game-game di atas. Mungkin yang paling nyata adalah refleksi dan bias matahari di permukaan air. Perubahan cuaca seperti siang hari, malam hari, berawan, hujan lebat bahkan badai pun terlihat nyata. Sedangkan kapal-kapal yang ditampilkan cukup detail. Perbedaan antar satu jenis kapal dengan kapal lainnya dapat dilihat secara kasat mata. Bahkan dalam pertempuran laut, kerusakan kapal akibat tembakan meriam terlihat cukup detail dengan lubang-lubang di lambung kapal dan layar yang robek.

Kesimpulan
Didukung dengan tampilan grafis yang baik, sound efek lumayan, gameplay menantang, replayability tinggi, dan ditambah dengan minimnya game yang bertemakan laut pada saat ini, maka game ini cukup layak untuk memenuhi fantasi atau imajinasi Anda.

Game ini memiliki waktu permainan yang cukup lama. Saat memainkan game ini CHIP sempat kaget, setelah sekian lama memainkan game ini dan mengira telah sampai di akhir game, ternyata itu baru permulaan dan permainan sebelumnya tadi hanya ‘perkenalan’ saja.

Iklan

7 pemikiran pada “Age Of Pirates

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s