Civilization 4

Game turn-based dianggap telah ketinggalan jaman. Firaxis mematahkan pendapat ini dengan mengembangkan Civilization 4 yang spektakuler.Image

Setelah menyelesaikan game Pirates!, Firaxis kemudian beralih ke game ciptaan Sid Meier yang lain, yaitu Civilization 4. Bagi para penggemar strategi, judul yang satu ini bukanlah hal yang asing. Sejak seri pertama yang dirilis di awal tahun 90-an, game ini telah banyak menyedot perhatian gamer dari seluruh belahan dunia. Civilization didasarkan pada permainan board game yang memfokuskan perhatian pada eksplorasi, pengembangan peradaban dan sedikit unsur militer. Karena basisnya adalah board game, maka Civilization bergenre turn-based strategy. Dan tradisi ini tetap dipertahankan pada Civilization 4. Terasa ketinggalan jaman memang, apalagi di tengah maraknya game-game RTS. Akan tetapi hal ini tidak mengurungkan niat Firaxis untuk mengembangkan Civilization 4 karena sistem turn-based yang diusung oleh Civilization tidak boleh dikatakan sebagai sebuah kelemahan, melainkan justru sebuah kekuatan. Berikut akan dipaparkan keunggulan sistem turn-based strategy yang diterapkan pada game Civilization ini.

Image

Turn Based Strategy

Sistem giliran yang diadopsi oleh seri Civilization sejak lama justru mampu memberikan unsur manajemen yang sangat mendalam dan tidak dapat ditiru oleh RTS manapun. Dasar permainan Civilization terbagi dalam dua bagian besar yang saling bersikenambungan, yaitu penelitian dan pembangunan. Pada bagian penelitian, Anda dapat memilih bentuk peradaban yang ingin dicapai oleh bangsa yang Anda pimpin dengan meneliti teknologi-teknologi tertentu. Jumlah penelitian yang dapat dilaksanakan mencapai puluhan macam. Setiap penelitian akan membuka jenis pembangunan dan penelitian lebih lanjut yang dapat Anda lakukan, baik itu akses ke jenis pasukan tertentu ataupun pembangunan struktur-struktur peradaban. Contohnya penelitian politeisme akan membuka penelitian monoteisme dan struktur bangunan Parthenon yang mampu meningkatkan perkembangan peradaban Anda. Sangat banyak dan panjang alur penelitian ini sehingga Firaxis dengan baik hatinya, merasa perlu membuatkan Anda bagan pohon penelitian yang panjang dari kehidupan primitif sampai sangat modern.

Image

Sederhana dan mudah dimengerti: Dibandingkan game strategi serupa, sistem pertempuran Civilization 4 paling mudah dimengerti. Hal yang sama tidak berlaku untuk unsur manajemennya yang sangat kompleks.

Bagian pembangunan juga tidak kalah pentingnya karena penelitian tidak dapat berjalan lancar apabila tidak didukung oleh pembangunan. Terdapat empat macam sumber daya utama dari Civilization 4, yaitu peradaban, makanan, produksi, dan emas. Peradaban akan menentukan seberapa besar bangsa Anda, yaitu dalam bentuk luasnya batas wilayah yang berada dibawah kekuasaan Anda. Sumber daya peradaban ini paling susah diperoleh karena hanya dihasilkan dari bangunan-bangunan pemerintahan dan sejumlah keajaiban dunia yang dimiliki oleh Anda. Sumber daya makanan menentukan kecukupan kebutuhan gizi penduduk dibawah kekuasaan Anda. Kekurangan makanan akan berakibat pada perkembangan jumlah penduduk yang stagnan atau malah minus. Sumber daya produksi menentukan seberapa banyak pekerjaan yang dapat Anda lakukan dalam satu giliran. Lamanya pembangunan struktur dan pelatihan pasukan didasarkan atas akses terhadap daya produksi yang Anda miliki. Contohnya pembangunan Piramid membutuhkan 1000 daya produksi dan Anda menghasilkan 50 daya produksi setiap giliran, maka dibutuhkan 20 giliran sampai bangunan tersebut berdiri. Terakhir, emas digunakan untuk membiayai kebutuhan perawatan kota dan penelitian yang Anda lakukan. Tampak jelas bahwa penelitian tidak ada artinya kalau tidak diimplementasikan. Begitu juga pembangunan tidak dapat berjalan maju tanpa adanya penelitian. Unsur-unsur manajemen yang sangat mendalam inilah yang kemudian menjadi kekuatan dari Civilization dan tidak dimiliki RTS manapun termasuk game seperti Empire Earth II yang memiliki 15 tingkatan teknologi.

Image

Perjalanan masih panjang: Dengan total penelitian yang mencapai puluhan buah, Anda tidak mungkin meneliti semuanya dalam kurun waktu 6000 tahun

Sistem perang sederhana

Dengan mengambil titikberat pada manajemen, sistem peperangan Civilization 4 dibuat sederhana. Unit pasukan pada versi ini hanya memiliki strength yang menggambarkan kekuatan unit tersebut. Pertempuran antarunit diselesaikan satu per satu sehingga walaupun Anda membawa 3 unit, hanya satu unit bertempur di satu waktu. Sistem perang sederhana yang disajikan ini jangan diartikan tidak taktis. Civilization 4 mengimplementasikan modifier apabila pertarungan dilakukan di lokasi-lokasi tertentu. Sebagai contoh, unit diatas bukit mendapatkan tambahan 20% kekuatan. Kemudian unit-unit tertentu juga memiliki keunggulan tertentu dibandingkan unit lain, seperti archer yang menembak terlebih dahulu. Unit-unit ini bisa mendapat promosi sehingga unit-unit yang selamat dalam pertempuran mendapatkan pengalaman dan menjadi lebih kuat.

Grafis dan suara yang ditampilkan pada game Civilization 4 ini tidak ada yang spesial. Meski begitu, grafis dan suaranya bisa dikatakan cukup nyaman di mata dan enak didengar. Namun lupakan kedua hal tadi karena yang perlu Anda nikmati dalam Civilization 4 adalah kegiatan manajemennya. Apa yang dipaparkan pada review ini hanyalah sebagian dari gameplay-nya yang mengasikkan sampai-sampai tidak cukup ruang bagi CHIP untuk menjelaskannya dalam dua halaman ini. Selanjutnya CHIP serahkan kepada Anda untuk mencobanya sendiri.

Iklan

Satu pemikiran pada “Civilization 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s