Mau Kena Virus? Klik Di Sini!

Helsinki – Seberapa menarik judul di atas? Apakah Anda ingin mengkliknya atau justru menghindarinya? Sebuah eksperimen menunjukkan bagaimana pengguna internet ternyata kurang hati-hati.

Spesialis komputer Didier Stevens memiliki aktivitas ‘jahil’. Ia menaruh iklan teks kecil di Internet yang menawarkan virus komputer bagi orang-orang yang belum memilikinya.

Secara mengejutkan, ia menemukan sekitar 409 orang telah mengakses iklan yang berjudul “Is your PC virus-free? Get it infected here!” tersebut selama 6 bulan terpajang dalam Adwords Google.

“Beberapa orang di antaranya pastilah mengaksesnya karena suatu kesalahan. Beberapa juga hanya karena penasaran, dan bahkan karena memang bodoh,” ujar Mikko Hypponen, kepala penelitian pada perusahaan keamanan data F-Secure.

Di dalam iklan itu, sebetulnya tidak ada virus apapun. Lalu apa motif Stevens? Kepada Reuters yang dikutip detikINET, Rabu (23/5/2007), Stevens mengungkap, iklan tersebut ternyata hanyalah sebuah eksperimen yang menunjukkan bahwa sistem pengiklanan dapat dijadikan kendaraan penyebaran diri untuk kode-kode jahat.

Sumber    : Detikinet

Iklan

6 pemikiran pada “Mau Kena Virus? Klik Di Sini!

  1. wow..itu riset yg menarik banget…bener kembali ke teori awal : manusia di balik keyboard adalah titik paling lemah dari keamanan

    — asal teor unknown heheheh :-d

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s