Polisi Animasi Patroli di Internet

Beijing – Polisi yang satu ini mungkin kalah garang jika dibandingkan polisi yang sebenarnya, sebab mereka hanya animasi. Tugas mereka memang bukanlah menangkap penjahat melainkan berpatroli di layar Internet.

Adalah polisi di Beijing, Cina, yang akan mulai berpatroli di situs-situs dengan menggunakan sepasang polisi animasi pria dan wanita ini. Polisi virtual ini akan muncul saat pengguna sedang mengakses Internet. Nantinya, mereka akan berjalan, bersepeda motor ataupun menggunakan mobil di layar komputer dan memperingatkan pengakses agar menjauhi konten-konten Internet ilegal.

Dimulai 1 September mendatang, kartun polisi besutan perusahaan Sohu ini akan muncul setiap setengah jam di 13 portal penting Cina. Pada akhir tahun direncanakan polisi virtual ini akan muncul di semua situs yang terdaftar di server kota Beijing.

China memang mempunyai kebijakan keras untuk konten Internet yang dianggap Partai Komunis, selaku partai yang berkuasa, dapat mengancam negara secara moral atau politik. Pemunculan polisi kartun ini juga dipakai untuk memperingatkan pengakses bahwa otoritas memantau penggunaan Internet mereka.

Pasangan polisi animasi ini disebutkan juga akan menawari semacam tips berinternet yang aman saat mereka hilir mudik di dunia maya. Jika diperlukan, pengguna juga bisa menekan kartun itu yang mempunyai link langsung ke situs otoritas.

“Kami akan terus menambahkan gambar animasi polisi virtual baru serta mengupdate tips-tipsnya agar polisi virtual ini semakin bersahabat,” sebut pernyataan dari Departemen Keamanan Publik Beijing seperti dikutip detikINET dari Associated Press, Rabu (29/8/2007).
( fyk / ash )

Sumber    : Detikinet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s