Menghindari Akun Facebook Di Bajak/Hack

Facebook
Facebook

Penulis sangat heran dengan maraknya pencurian password di facebook akhir-akhir ini, yang sebenarnya lumayan sepele jika dicermati. Seperti kasus Jajang C Noer yang selain YM-nya dibajak, ternyata facebook-nya juga dibajak. Nah hal ini sangat riskan, karena jika email sudah dikuasai, akun lainnya seperti facebook pun bisa kena bajak juga !

Dengan modus yang katanya butuh pinjaman uang, banyak orang ketipu sama penipu ulung ini. Untung penulis gak ketipu :(, hehe. Namun sebenarnya yang kasihan di sini Jajang C Noer, karena dia harus menjawab konfirmsi dari para korban bahwa akunnya miliknya dibajak. Benar-benar miris.

Nah, kali ini penulis mencoba berbagi hal-hal yang harus dihindari dan diperhatikan untuk menghindari atau meminimalisir akun facebook kamu dibajak orang tak bertanggung jawab.

1. Jangan pernah  menyimpan password di web browser

Malas mengetikkan password, ya ! itulah salah satu alasan klasik. Namun bagaimana Jika ada orang/ temen yang iseng membuka browser anda, dan melihat password ang tersimpan ? Kalau temen itu terpercaya sih gak papa, kalau yang kayak penulis agak jahil bisa gawat kan :lol:.

2. Sembunyikan Email

Ini bisa juga dilakukan, agar dapat menghambat para pembajak mengetahui akun email anda. Hal ini bisa di atur di bagian privasi facebook. pertama-tama buka pengaturan privasi facebook, lalu kemudian pilih informasi kontak. Dibagian alamat email anda, ubah ‘dapat dilihat’ dengan ‘ hanya saya’. Beres, email anda sekarang hanya anda yang tahu ! 😛

3. Hati-hati dengan Halaman Login Palsu

Ini juga yang sering terjadi, tanpa kita sadari, kita masuk ke halaman login palsu. gawatnya, kita tidak menyadarinya dan dengan santainya memasukkan email dan password akun facebook kita! dengan tertawa sang pembajak dengan mudahnya mendapatkan email & password kita dari halaman login palsunya . So, pencegahannya pastikan alamat url di address bar web browser kamu tertulis http://facebook.com bukan http://facebok.com, faceboook.com, atau bahkan fesbuk.com. Jadi intinya ketelitian di sini wajib diperhatikan kalau mau akunmu selamat

4. Jangan Lupakan Logout

Ini juga lumayan sepele, terkadang kita terburu-buru / terkejar billing warnet yang sudah mau habis :lol:, yang menyebabkan kita lupa melogout akun kita. Pengguna iseng yang memakai komputer selanjutnya akan dengan mudah dan tanpa halangan berarti mengakses akun anda. Jika tidak sempat lagi untuk melogout akun anda, lebih baik hapus cookies di web browser anda. Cara ini lebih praktis dan simpel, karena penulis sering menerapkannya kalau billing warnet sudah hampir waktunya 😆

5. Jangan Menggunakan Aplikasi Facebook Sembarangan

Aplikasi dalam facebook dapat mendapatkan informasi informasi penting di akun kamu, jadi teliti dulu aplikasi tersebut apakah berguna ? jika tidak ada gunanya lebih baik singkirkan aplikasi tersebut, karena aplikasi tersebut mereka informasi pribadi kamu. Jangan asal mengklik bahwa kamu memperbolehkan aplikasi tersebut mengambil data pribadi. Cermati dan cari informasi tentang aplikais tersebut.   Sekarang facebook mulai memperketat aplikasi yang beredar. Jadi kamu harus tetap selektif memilih aplikasi facebook !

Jadi, teknologi dan perangkatnya adalah sekedar alat pembantu dirimu untuk memproteksi diri sendiri, tapi kamu sebagai manusia merupakan sang penjaga gawang yang harus meminimalisir kesalahan jika ingin mencegah  gol, akun-mu dibajak.

Iklan

5 pemikiran pada “Menghindari Akun Facebook Di Bajak/Hack

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s