Top Antivirus Lokal

Bosan dengan pembahasan virus melulu, kita coba bahas anti virus-nya aja kalau begitu. Penulis menemukan berbagai antivirus lokal yang cukup tangguh dan cocok dipadukan dengan antivirus luar negeri. (Nb: Listing dibawah bukan berdasar peringkat)

1. BlueAtom Antivirus

blueAtom
BlueAtom

Penulis salut akan pembuat anti virus satu ini yang ternyata masih cilik dan berasal dari Surabaya, mungkin sekarang sudah kelas X SMA. Pembuatnya yang bernama  ini membuat antivirus menggunakan visual basic. Antivirus ini cukup keren desainnya dan fiturnya lumayan lengkap. Seperti yang penulis kutip dari kompas

Hanya dalam kurun waktu sekitar dua tahun, Putra pasangan Muliani Tedjakusuma dan Surya Mutiara itu sudah menguasai bahasa pemrogaman visual basic, c#, dan asmbler (ASMX 86). Kemampuan menguasai tiga jenis bahasa pemrogaman itulah yang mengantar Alvin membuat antivirus.

Pembuat anti virus ini ternyata menguasai 3 bahasa pemrograman, sehingga dapat membuat antivirus sendiri. Dibanding penulis yang hanya menguasai 2 bahasa pemrograman (javascript dan php), masih kalah jauh dibanding anak ini 😆

2. Smadav

Smadav
Smadav

Bisa dipastikan, smadav merupakan antivirus yang lagi naik daun. Mengapa penulis berani mengatakan itu ? karena penulis lihat dari berbagai warnet, kantor, dan lab sekolah, antivirusnya memakai smadav. Antivirus ini juga sangat ringan dibanding dengan antivirus lokal lainnya. Di dalamnya juga terdapat tool-tool yang sangat bermanfaat untuk advanced user, seperti system process.

Antivirus ini juga sangat mantap, jika kamu menggunakan versi pro. Terdapat update otomatis, mengganti warna tema, scan lebih cepat 10 x, dan tanpa iklan. Kelebihan Smadav yang tidak dapat dipungkiri adalah mendeteksi virus dari prilakunya, jadi AV satu ini tidak tergantung pada signature.

Dan yang perlu di tandai dalam antivirus ini masih ada kesenjangan antara yang pro dan free, jadi penulis kira lebih baik semuanya universal tanpa dibedakan antara pro dan free.

3. Ansav

Ansav
Ansav

Sebagai pemain lama, ansav sepertinya sudah mulai jarang menunjukan tajinya. Ansav mulai kurang populer dengan hadirnya smadav. Namun salah satu fitur yang cukup membuat penulis tersenyum adalah pluginnya, karena dengan plugin kita bisa menambahkan kekuatan ansav ini. Bahasanya juga bisa diubah, bahkan bahasa palembang ada juga ! Arsip juga bisa di scan tanpa masalah oleh Ansav.

Ansav dulunya merupakan antivirus favorit penulis sebelum munculnya smadav, karena di dalamnya terdapat tool-tool penting yang dapat membantu membasmi virus yang sekarang juga di adaptasi di smadav.

Di dalam general optionnya banyak berbagai opsi yang sangat berguna bagi para pengguna advance. Namun kekurangannya anti virus ini masih tergantung pada signature, mau tidak mau kita arus selalu mengupdate database signaturenya. So, diharapkan antivirus ini bertahan dan selalu memperbarui versinya yang masih beta agar antivirus lokal indonesia maju. Go go !

4. PCMAV

PCMAV
PCMAV

Antivirus ini sama seperti ansav, sudah mulai kehilangan pamornya.Antivirus besutan Majalah PCMedia ini cukup berat menurut penulis, entah karena signaturenya yang banyak atau programnya emang membutuhkan memori lebih banyak. Namun yang patut diacungi jempol adalah koleksi signaturenya yang mungkin dapat mengalahkan antivirus lokal lainnya, yang mendapat predikat the best signature database dari penulis, wkwkwk :lol:.

Dengan banyaknya signature virus di dalam PCmav ini, banyak virus lokal yang di deteksi. Namun sayangnya tidak ada tool-tool yang cukup berguna bagi penulis. Nilai minus untuk antivirus ini. Antivirus ini juga tidak sepenuhnya freeware, karena dilarang penggunaanya untuk organisasi profit seperti warnet.

Jadi kesimpulannya, antivirus lokal tidak dapat berdiri sendiri. Harus dibantu dengan antivirus luar agar dapat membentengi sistemmu dari virus lokal maupun manca. Jadi kamu pilih antivirus lokal yang mana ?

Ntar kalau ada waktu update, kalau ada antivirus yang ingin di bahas silahkan komentar 🙂

Iklan

4 pemikiran pada “Top Antivirus Lokal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s