Awas Ada yang Merekam Password-mu!

Jemes Bon
Jemes Bon

Sepertinya mata-mata di dunia nyata sudah tidak asing di telinga kita. Seseorang dengan kemampuan dan teknologi canggih seperti om jemes bon, mungkin yang ada di pikiran kita.

Tapi jangan salah, mata-mata yang penulis maksud ini ada di dalam komputer kita! Mata-mata ini dapat merekam huruf demi huruf yang kita ketikkan, mengambil gambar desktop kita, bahkan dengan mudahnya mencuri akun milikmu!

Sebenarnya banyak program yang dapat membantu kita untuk memata-matai komputer orang lain, contohnya yang akan penulis bahas adalah keylogger.

Definisi keylogger menurut wikipedia :

Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.

Jadi keylogger cukup berbahaya, karena semua yang kamu ketikkan akan di rekam oleh program ini. Password dan username-mu akan mudah di-colong oleh orang lain, iya kalau orangnya baik kayak penulis (konyol :P), kalau orang iseng kan bisa berabe. Kalau akun ga jelas sih ga papa, kalau yang tercuri akun bank, bisa langsung jatuh miskin :(.

Penulis sempat mencoba memasang keylogger di warnet *tiiiiit*, hanya sekedar iseng apakah komputer itu telah aman dari keylogger. Ternyata tidak, komputer dapat dengan mudah untuk ditanami keylogger. Dan penulis mengatur program ini untuk otomatis mengirim curian keyloggernya ke sebuah web directory melalui FTP. Dan penulis tinggal tidur. Besoknya, eh panen akun deh (asik-asik). Tercatat ada puluhan keys yang terekam. Tapi untungnya akun-akun itu masih aman sentosa, penulis hanya ingin tahu apa saja isi chatting mereka kok, jahil ya ? hehe.

Skrinsut Keys
Skrinsut Keys (klik buat gedein)

Oke, setelah membahas beberapa pengalaman tentang keylogger, kali ini penulis coba membahas mencegah efek dari keylogger! oke cikidot:

1. Pakai On-Screen Keyboard!

Apa itu om ? itu adalah sebuah keyboard virtual yang dapat dipakai, daripada pakai keyboard asli direkam sama keylogger? mending pakai yang virtual aja. Kamu bisa buka virtual keyboard dari menuberikut : Start – all programs – accessories – accessbility – On-Screen Keyboard

kalau ndak ada bisa di dunlud, di sini

2. Pasang DeepFreeze

Khusus untuk warnet atau game center wajib hukumnya pasang nih program. Soalnya tanpa nih program, client dengan bebas memasang keylogger di kompi warnet anda. berabe kaga ?

Kalau belum adasopwernya, bisa di dunlud di sini

3. Teknik kacau kata

Ini mungkin trik basi, tapi lumayan dicoba. Passwordmu misalnya kampret, nah dibidang isian password misalnya, kamu ketikkan saja kampretoz, setelahkamu ketikkan passwordnya, lalu 2 huruf terakhir o dan z dihapus saja. Jadi yang terekam keylogger adalah kampretoz, bukam kampret. Gimana mudah kan ?

4. Jangan aneh-aneh

Intinya, semua kembali ke orangnya. Jangan terima kalau di instalin sopwer bagus tapi ga jelas asal usulnya, bisa-bisa itu ternyata malah keylogger. Pasang antivirus juga membantu, karena beberapa antivirus dapat mendeteksi aktivitas keylogger dan memblokirnya.

Oke, Sekian Artikel dan Ulasannya. Gitu Doank Om ? Iya Nak,  Wkwkwk

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s