DOS – Disk Operating System

dos
DOS

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa itu dos ? penulis kembali diingatkan dengan dos ketika guru ketrampilan penulis memberikan materi tentang dos, mau tak mau penulis pun mencoba belajar dos kembali (lupa  soalya wkwkw). Saya kutip pengertian dos dari wikipedia :

Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.

Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan promptPromptdefault yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan simbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT.

Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).

Dah paham belum ? nah mempelajari perintah-perintah di DOS memang agak memusingkan bagi end-user, namun cukup berguna untuk membersihkan virus (kata pak benny, hehe).

Tanpa banyak basa-basi, silahkan donlot modul materi dos : (credit to pak benny)

DOWNLOAD MATERI DOS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s