Pentingnya Tipografi

Berhari-hari, berminggu-minggu, bertahun-tahun (kalau yang ini jangan dipercaya) :hammer: , saya mencari tema yang pas untuk blog saya ini. Saya mencari tema yang dapat membuat tulisan dan artikel saya yang gak karuan ini bisa dibaca dan lebih enak untuk dilihat. Dan akhirnya menemukan beberapa yang sesuai dengan kaidah tipografi.

Saya dengan mantap mencoba tema-tema itu satu-satu, hm… bagus-bagus semua. Jadi bingung milihnya, dan akhirnya yang paling enak buat blog saya pilih. Oke dah..

Eh ngomong-ngomong tipografi apaan yak ? Oke, saya kutip pengertian tipografi, biar agak nyambung dikit dengan apa yang akan kita bahas πŸ˜€ :

Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menataΒ huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Nah, jadi tipografi itu ilmu yang bisa membantu membuat blog menjadi enak dibaca, dengan cara mengatur spasi, alignment, jenis hurufnya, dan besar kecilnya huruf. Rata-rata para desainer jurusan DKV, pasti mengerti tentang tipografi (gimana gak ngerti, wong dah ada di mata kuliahnya kok).

Percuma saya desain bagus, efek javascript keren, fitur lengkap, kalau artikelnya susah dibaca, atau bikin sakit mata, yach pembacanya dah terlanjur males duluan, ngacir dah. Pembaca juga ogah balik ke situs kita, karena sudah terekam di otak bahwa “situs ini bikin sakit mata aja” πŸ˜› .

Seperti yang saya liat di situs-situs luar negeri, situs tutorial n share, rata-rata jarang memakai desain yang wah, tapi lebih memilih yang simpel. Meski simpel, tapi artikel mereka enak dibaca, jadi kita otomatis pengen ngelanjutin bacaan mereka yang lain. Saya rasa, para bule-bule itu sudah mengerti pentingnya akan tipografi di situs mereka, karena tulisan susah dibaca = pengunjung lari.

Jadi intinya apakah anda sekarang ingin memikirikan tipografi tulisan-tulisan di blog anda ? Untuk referensi dan ingin belajar tentang tipografi, silahkan googling aja. saya juga lagi belajar kok. hehehe πŸ˜€

Iklan

12 pemikiran pada “Pentingnya Tipografi

  1. saya sendiri meskipun tak memuat tentang tutorial, lebih suka theme yang simple,Pak. Selain selera pribadi saya tak ingin repot menaruh banyak widged macem-macem didalamnya. heheee

    Selabihnya, soal font, besar huruf dan lain, saya memang tak paham Tipografi, bahkan tulisan ini, adalah referensi pertama bagi saya. Selama ini, soal-soal seperti ini saya pertimbangkan berdasarkan selera pribadi.

  2. saya malah pilih themes yg penting simple, load cepat dan seo friendly mas..
    tipografi kurang begitu saya perhatikan, yang penting bs dibaca tulisannya

  3. jujur mas,, temanya ini juga kurang tipografi friendly (* weleh, ngomong apa aku ini ), soalnya dilihat dari jarak antar baris, yang begitu rekat,, mungkin bisa di edit bagian style.css pada tema yang digunakan dikasih line-height:24px;
    sekiranya begitu deh,, kalo masih gak mudeng, bisa tanya ke blog saya yahh πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s