Membuat Situs itu (Tidak) Mudah

Walah, belum sempat istirahat, dapat tugas lagi pak guru ketrampilan TIK. Bahwa setiap kelas harus membuat sebuah situs. Kamipun diberi tawaran ingin memakai joomla, wordpress atau blog biasa (seperti blogspot). Karena nilai minimal joomla yang lebih tinggi, yaitu 89, kami-pun lebih memilih joomla tentunya.

Saya yang memiliki sedikit pengetahuan tentang joomla, lalu mencoba menginstalasikan di hostingan gretongan. Dan mendaftarkan domain gretongan juga. Domain yang saya pilih .tk, kenapa harus .tk ? karena lebih simpel. That’s it.

Awalnya memang kelihatan gampang, install script joomla, install sana sini, ya gampang. Tapi tidak segampang yang kita bayangkan. Kita perlu mengatur tipografinya, mengatur menunya, mengatur letak artikel, dan yang terpenting konten artikelnya.

Tapi temen-temen kelas saya pada malas bikin artikel :'(. Masa harus saya juga yang bikin artikel, ampun daah…

Ahh biarlah, saya juga sudah berusaha membuat situs kelas saya dengan joomla, memakai tema standar kepunyaam si-Joomla, yaituΒ JA Purity. Ini screenshotnya :

Dcosdo Web

Terlalu sederhana ? πŸ˜€

Iklan

33 pemikiran pada “Membuat Situs itu (Tidak) Mudah

  1. Halo Aang.. gimana kabar?? Kalo pakai joomla atau wordpress itu gampang, soalnya sudah dibuatkan templatenya sama pembuatnya. Aku belajar buat sendiri pakai Java, mampir ya…
    Itu aku desain sendiri mulai dari database sampai programmingnya πŸ˜€
    Masih aneh tampilannya hehe..

  2. Laksanakan sesui kemampuan bro,selagi masih di kasih kepercayaan di kelas,tentunya itu suatu penilaian khusus dari rekan2 anda,krn anda mempunyai kelebihan sedikit dari yang lain.Semoga sukses.!

  3. Wew.. Joomla pada dasarnya keren, mudah dan komplit, tapi bagi yang masih pemula pasti sangat bingung!! Apalagi bagi yang pengetahuan English-nya kurang! Tewas lah… πŸ˜€

  4. kata siapa JA Purity terlalu sederhana, klo mw diutek utek hasilnya bisa woooow… coba juga JA Purity II dijamin tercengang…
    congratz dah, semoga nilainya baguss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s