Miskonsepsi Agama Hindu

Oke, saya jadikan postingan ini menjadi sebuah FAQ untuk teman-teman saya yang sering menanyakan pertanya-pertanyaan ini berungkali, biar saya gak capek jawabnya.. cekidot :

Q: Dalam hindu dikenal banyak Tuhan ?

A: Tidak, Kami hanya memiliki satu Tuhan yaitu bernama Ida Sang Hyang Widhi Wasa

Q: Kalau begitu, bagaimana tentang dewa-dewa itu ?

A: Dewa-dewi merupakan panggilan “nama” Tuhan yang lain dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Umpamanya, Pak Budi di sekolah di panggil pak guru, di lingkungannya di panggil pak RT, di rumah di panggil bapak. Orangnya satu, tapi panggilannya banyak. That’s it.

Q: Ngomong-ngomong hindu muja berhala ya ?

A: Nope. Kita ga muja berhala, cuma Hyang Widhi. Sedangkan yang biasanya di dalam pura itu hanya hiasan doang. :Dv

Q: Apa perbedaan Hindu dengan Buddha ?

A: Hindu dan Buddha hampir mirip-mirip, karena Buddha merupakan salah satu dari 22 avatar dalam agama Hindu. Perbedaan yang mencolok adalah di agama Buddha tidak mengenal kasta, that’s it.

Ntr tak update lagi and CMIIW.

At last, Kita sebangsa dan setanah air, walaupun berbeda-beda agama, suku, ras tetap kita tetap satu hati satu saudara.

9 pemikiran pada “Miskonsepsi Agama Hindu

  1. Usul FAQ apdetan nya,

    “Beda nya Hindu ama Budha apaan sih?”

    Mangap kalo aneh, tapi saya kadang masih bingung bedain nya, nyebutin tempat ibadahnya aja suka ketuker (_ _”)

    1. ikutan nimbrung ahh mau jawab dengan otak yang cetek.

      tempat ibadah hindu dan budha jelas beda lah…
      Klo hindu = pura (kadang dibaca pure). klo budha=vihara/wihara.

      hanya dalam bahasa inggris saja yang disebutnya ‘Temple’ baik itu untuk menyebut candi, kuil, klenteng, pura, wihara. yah karena perbendaharaan kata kita aja yang kaya. Jadi untuk membedakan cuma dengan kata Hindu Temple, Buddhist Temple, etc.

      Di India sendiri Kuil disebut Mandir.

      Utk perbedaan hmm… lagi neh otak gue cetekkk… moga gak salah, tapi daripada salah mending gak usa aja deh ah… tatuut ahh…

      hanya satu persamaan tujuan bagi seluruh umat beragama di dunia:
      Taat pada Tuhan, Jalani hidup dengan baik. Yakinlah dunia akan damai.

      Tapi lagi-lagi agama dijadikan alasan perang, masih ingat perang salib, pakistan dan india, Serbia dan Kosovo, Rusia dan Asia Tengah, Kerusuhan Ambon, dan banyaaak yang lainnya. Pembantaian, Genocide, dll semua beralaskan agama.

      Kita mah rukun rukun aja,, iya nggak🙂

  2. dan saya pun menyukai postingan ini…!! ditunggu update2 berikutnya…😀

    saya bener2 menyukai keberagaman yang ada di Indonesia ini, mantep banget lah pokoknya! apalagi kalo orang2nya sadar bahwa keberagaman itu bisa jadi kekayaan tersendiri untuk Indonesia.

    cepetan update brur!!😉

  3. Tuhan akan menyatukan elemen air-api-udara dan tanah melalui Aku: Avatar yaitu sistem ekonomi dunia yang terdiri dari tiga sub sistem (shinto, Konghucu, Tao) sistem politik dunia yang terdiri dari tiga sub sistem(Islam, Kristen,Yahudi) sistem sosial dunia yang terdiri dari tiga sub sistem (hindu,Budha, sikh) serta sistem agama dunia yang terdiri dari tiga sub sistem (bahai, janisme, zoroaster) benarkan petunjuk yang aku dapat ini???tolong bantu aku untuk menyempurnakannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s